Tuesday, February 07, 2012

Perjalanan ke Jakarta

Tanggal 1 Februari 2012 aku ada acara bepergian. Tujuanku adalah ke Jakarta dengan menggunakan bus estafet. Kebetulan barang bawaanku tidak terlalu banyak, dan mengikuti cerita perjalan dari seorang anggota Busmania yang pernah kubaca di blog-nya. Ke Jakarta ternyata lebih menyenangkan dengan ganti bus di terminal Kudus, begitu katanya. Terus terang aku juga penasaran, ingin lebih tau daerah pantura Surabaya - Semarang, karena selama ini aku lebih banyak menyusuri jalur selatan.

Kira-kira pukul 10.30, aku melangkahkan kaki keluar rumah. Tengok kanan-kiri tak ada ojek, atau becak, akhirnya jalan kaki sambil menunggu ojek di tengah jalan. Kira-kira baru berjalan 500 meter, ada seorang tukang ojek lewat, dan langsung aku stop. Sampai di terminal Bungurasih kira-kira pukul 10.45, setelah membayar 7000 perak, aku langsung menuju jalur pemberangkatan bus menuju Semarang. Kira-kira pukul 11.00 bus Jaya Utama langsung berangkat, dengan penumpang yang lumayan-lah, sekitar 65% kursi terisi. Tak lama kemudian kondektur menghampiriku, dan memberikan karcis dengan tarif 55.000 untuk tujuan Kudus plus makan siang.

Kira-kira pukul 13.00 bus sampai di rumah makan di pinggir pantai, daerah Tuban. Rumah makan yang sederhana dengan menu yang bisa dikatakan sangat sederhana juga. Namun, lumayan juga lah untuk mengisi kekosongan perut, dan lagi ini adalah perjalanan dengan budget pas-pasan. Sekitar 0.5 jam di rumah makan, bus langsung berangkat lagi.

Kira-kira pukul 17.15 bus sampai di terminal Kudus. Cukup deg-degan, karena belum sholat Dhuhur Ashar dan belum membeli tiket bus ke Jakarta. Dengan tergopoh-gopoh, aku segera sholat di musholla terminal dan langsung mencari agen bus Bejeu, sesuai rekomendasi sebuah blog busmania. Ternyata ramai sekali suasana terminal Kudus di sore hari, dan akhirnya kutemukan agen bus Bejeu. Ada 2 tipe, VIP dan EXE, aku pilih yang VIP dengan tarif 95.000, meski selisihnya hanya 10.000, namun kursi EXE tinggal 1, tepat di belakang sopir. Bus berangkat setelah Maghrib, jadi masih lumayan lama aku menunggu.

Kira-kira pukul 18.30 bus berangkat, bersama-sama dengan bus lain tujuan Jakarta. Baru tau klo ternyata orang Kudus banyak juga yang kerja di Jakarta. Kami mendapat 1 botol 600ml air mineral dan sepotong roti (yang konon roti ini sangat enak menurut referensi di blog, namun kira-kira biasa saja).

Kira-kira pukul 20.30 bus berhenti makan malam di daerah Batang. Kami mendapatkan kupon makan malam semi prasmanan. Kenapa semi prasmanan, karena khusu untuk lauk, tidak bisa kita ambil sepuasnya. Jadi all you can eat hanya berlaku untuk nasi, sayur, sambal, krupuk, timun, sedangkan lauk (yang biasanya ayam goreng) hanya dapat jatah sepotong, dan minum juga segelas teh manis. Tapi... ya cukup-lah untuk harga segitu.

Kira-kira pukul 21.15 bus berangkat lagi, dan aku langsung tertidur pulas setelah menikmati menu semi prasmanan yang sangat mengenyangkan.

Kira-kira pukul 03.30 bus sudah sampai di terminal Pulogadung. Cepet ya ternyata... Badan juga tidak terlalu capek, beda klo naik kereta api atau bus langsung Surabaya - Jakarta. Setelah sholat subuh, aku langsung menuju ke Depok dengan naik bus Kowanbisata dengan tarif 6000 (klo siang cukup 4000).

Kira-kira pukul 06.00 aku sudah sampai di rumah Depok.

Begitulah perjalanan dengan budget pas-pasan dari Surabaya ke Jakarta.