Friday, August 23, 2013

Daily 7 Habits

Jika Anda ingin perubahan kecil, ubah perilaku Anda; jika Anda ingin perubahan bak lompatan kuantum, ubah paradigma Anda. (Stephen R. Covey)

Case 1

Saya bekerja dalam sebuah organisasi IT support yang menangani beberapa aplikasi yang dipakai oleh sebuah perusahaan. Masing-masing aplikasi dipakai oleh beberapa orang user dalam lintas organisasi. Tugas utama kami adalah memastikan aplikasi bisa dioperasionalkan dengan baik, mirip seperti tukang service motor. Kami juga menangani perubahan-perubahan kecil yang diinginkan oleh user. Jadi asumsi dan harapan kami bahwa selama aplikasi tidak bermasalah, maka mereka tidak usah menghubungi kami, kecuali sekali-sekali mereka ingin malakukan perubah kecil itupun dengan skala prioritas yang rendah.

Masalah, ada 1 organsasi, kita sebut A, yang sangat sering minta perubahan-perubahan dalam aplikasinya, sehingga kami sampai keteteran untuk memenuhi permintaan mereka.

Perubahan perilaku, kami akhirnya harus datang lebih pagi, pulang lebih malam untuk bisa menyelesaikan permintaan user A.

Perubahan paradigma, kami mundur ke belakang, mencoba melihat dari sisi lain, sebenarnya apa maksud dari permintaan user A yang terus menerus. Pada waktu tertentu kami mengajak diskusi mereka, mengapa mereka melakukan perubahan terus menerus padahal organisasi lain cukup jarang melakukan perubahan. Beberapa hal adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan merupakan suatu inovasi yang menjadi point penting dalam penilaian kinerja mereka.
  2. Permintaan yang dimunculkan sekarang merupakan permintaan lama yang dahulu tidak dikabulkan.
  3. Ada tuntutan dari pihak management untuk melakukan perubahan.
  4. Ada tuntutan dari pihat ketiga (misal: auditor) untuk melakukan perubahan.

Pada point ke-3 dan ke-4 adalah suatu hal keharusan, sedangkan point ke-1 dan ke-2 adalah hal yang bisa di-pending. Akhirnya saya bisa memahami sudut pandang mereka dan hanya bisa pasrah. He… he… he…

No comments: