Saturday, March 24, 2012

Perjalanan ke Jakarta

Rabu, 7 Maret 2012, pukul 10.00 aku berangkat menuju terminal Bungurasih. Setelah membeli kue bika dan pukis, mengisi pulsa, dan mampir ke ATM, motor segera kutitipkan di penitipan sepeda dekat terminal. Setelah berjalan kira-kira 5 menit, aku langsung menuju pemberangkatan bus patas menuju Semarang.

Pukul 10.40, bus patas Jaya Utama segera berangkat dari terminal Bungurasih. Kondisi bus tidak terlalu penuh. Setelah membayar ongkos 55 ribu, aku segera terlelap. Bus mampir sebentar di rumah makan setelah kota Tuban. Lalu lintas pada saat itu tidak terlalu ramai, namun macet cukup lama di daerah sebelum Juwana.

Pukul 17.20, bus sampai di terminal Kudus. Aku segera mencari tiket untuk menuju Pulogadung. Target pertama adalah bus Bejeu, namun sudah habis. Akhirnya aku dapat bus Haryanto, dengan harga 90 ribu setelah melalui proses tawar menawar. Dengan harga segitu, aku dapat kursi nomor 2 dari belakang. Kondisi bus kurang nyaman, air toilet-nya kotor, dan banyak debu. Selain itu, aku juga agak curiga, karena beberapa kali mekanik memeriksa kondisi mesin bus. Namun karena sudah membayar dan perjalanan-ku juga tidak terlalu tergesa-gesa, aku cuek aja.

Setelah pengalaman naik bus malam, ternyata memang yang enak adalah kursi belakang atau depan sekalian. Kursi tengah memang nyaman secara suspensi, namun secara udara ventilasi sangat kurang nyaman, karena terlalu banyak angin yang lewat. Begitu naik, aku juga langsung terlelap, terbangun ketika bus istirahat untuk makan malam di daerah Batang.

Pada pukul 01.00-an, bus berhenti lama sekali di sebuah pangkalan truk, masih di daerah Jawa Tengah. Rupanya bus mengalami kerusakan. Setelah menunggu lama sekali, seluruh penumpang dialihkan ke bus Safari Darma Raya yang kondisinya jauh lebih parah. Diantara sekian banyak penumpang, tidak ada yang komplain dengan kondisi itu. Jadi penumpang yang kebanyakan masih muda itu, sangat kooperatif.

Pada pukul 11.00, bus sampai di Jakarta. Aku turun di depan halte Gudang Garam, Cempaka Putih. Saat itu tujuanku ke stasiun Senen untuk membersihkan badan dan mencari tiket kereta api untuk balik. Sesampai di Senen, aku mencari tiket dulu, dan akhirnya dapet Tawang Jaya. Kereta api jurusan Solo, Jakarta, Malang sudah habis semua.