Tuesday, February 21, 2012

Mencuci Bantal

Judul yang terasa aneh, mencuci bantal, atau aku saja yang ga biasa dengan aktivitas mencuci bantal. Sering berpikir, kira-kira bantal bisa dicuci ga ya? Cukup penasaran juga, karena bantal klo sudah lama suka berdebu, kadang kena noda iler, ompol, atau yang lain. Ga sengaja baca artikel di Kompas, ternyata bantal bisa dicuci. Belum dibuktikan sih, tapi ga apa-apa disimpan di blog ini jika suatu saat sedang mood untuk nyuci bantal.

Mencuci

Cara mencucinya memang seperti ketika mencuci pakaian biasa. Masukkan bantal ke dalam mesin cuci. Gunakan deterjen yang ringan dan air hangat, lalu atur agar mesin berputar secara halus saja. Setelah bantal selesai dicuci, lalu bilas dua kali untuk memastikan deterjen sudah benar-benar terlepas dari bantal. Jangan meremas bantal untuk membuang airnya, karena akan membuat bantal berubah bentuk.

Mengeringkan

Sebaiknya Anda langsung mengeringkan bantal, untuk mencegahnya berbau. Anda bisa langsung menjemur bantal dengan menggantungnya di tali jemuran. Namun bantal justru akan menggembung ke bentuk aslinya jika dimasukkan ke dalam pengering. Gunakan pengaturan panas rendah. “Saya biasa memasukkan bola tenis bersih ke dalamnya, karena akan membantu menggembungkan kembali bantal tersebut," ujar Morgan.

Setelah itu keluarkan, remas sedikit bantal untuk merasakan apakah sudah benar-benar kering. Jika masih sedikit lembab, masukkan kembali ke pengering.

No comments: