Monday, February 13, 2012

Perikanan di Sempu

Prigi sangat terkenal akan produksi ikan laut. Namun produksi ikan laut sifatnya musiman, karena alat-alat yang dipakai masih belum dimodernisasi. Sehingga perlu alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sekitar Prigi. Salah satu alternatif adalah produksi ikan tawar atau udang galah.

Target awal dari usaha ini tentu bukan untuk profit. Namun lebih ke sosialisasi usaha alternatif untuk masyarakat sekitar. Untuk menarik minat para petani lokal, tentu hasil akhir juga signifikan, karena tanpa hasil yang signifikan, petani pasti akan berpikir ulang untuk menggeluti usaha ini. Saat ini, kondisi lahan Sempu didominasi oleh tanaman sengon. Tentu hal ini kurang produktif, mengingat tanaman ini baru bisa dipanen setelah berumur minimal 5 tahun. Sengon lebih cocok ditanam di lahan yang kurang produktif atau jauh dari pemukiman.

Namun usaha ini perlu evaluasi lebih lanjut. Terutama mengenai hal-hal berikut ini:
  • Pengairan. Pengairan sangat penting untuk usaha perikanan. Apa keuntungan dan kerugian usaha ini jika dibandingkan dengan usaha sejenis dengan karamba di waduk, danau, atau telaga?
  • Budaya masyarakat. Masyarakat Prigi masih sangat asing dengan konsumsi dan budidaya ikan tawar. Mungkin sebagian besar masyarakat tidak suka dengan citarasa ikan tawar yang sangat berbeda dengan ikan laut. Namun, lidah pasti bisa berganti selera, jika terbiasa. Dengan proses sosialisasi dan keuntungan yang menjanjikan, pasti masyarakat juga akan gemar mengonsumsinya, terutama pada saat musim paceklik ikan laut.

No comments: